Strategi Sanger Unified: Kelas Aktif, Hasil Belajar Optimal

Siswa SMP di kelas matematika berdiskusi aktif, menunjukkan kolaborasi dalam belajar dan berinteraksi. Lingkungan belajar dinamis.

Pernah bertanya-tanya bagaimana sebuah distrik sekolah bisa bangkit dari keterpurukan dan mencapai prestasi luar biasa? Kisah Sanger Unified School District bisa jadi inspirasi. Mereka membuktikan bahwa dengan strategi pembelajaran yang tepat, setiap siswa punya potensi untuk berkembang. Yuk, kita bedah rahasia suksesnya!

Menciptakan Kelas yang Hidup dan Berdiskusi

Di Washington Academic Middle School, misalnya, kelas matematika bukan tempat yang hening. Siswa kelas delapan diajak berdiskusi seru tentang bagaimana menghitung pesanan makanan cepat saji yang besar. Pertanyaan seperti "Berapa banyak hamburger yang dipesan?" memicu perdebatan aktif, bahkan tentang apakah Coke besar dan Sprite besar dihitung bersama. Lingkungan kelas yang ramai dan interaktif ini adalah bagian dari pendekatan Sanger Unified untuk membuat siswa terlibat. "Kami tidak butuh kelas yang sepi," kata Principal Pete Muñoz. Pendekatan ini terbukti berhasil, dengan peningkatan skor yang signifikan di Washington Academic.

Fokus Tanpa Henti pada Pertumbuhan Siswa

Kunci utama Sanger Unified adalah keyakinan bahwa "setiap siswa yang ada di depan saya, saya akan membuatnya lebih baik." Mereka tidak pernah menyerah pada siswa. Dua puluh tahun lalu, distrik ini berada di posisi terbawah dalam skor tes bahasa Inggris dan matematika. Namun, dengan menetapkan tujuan yang jelas untuk fokus pada pertumbuhan akademik dan meningkatkan prestasi siswa, mereka berhasil mengubah keadaan.

Komunitas Belajar Profesional yang Solid

Setiap Rabu, para pendidik di Sanger Unified berkumpul dalam Komunitas Belajar Profesional (PLC) untuk membahas empat konsep penting:

  • Apa yang perlu dipelajari siswa?
  • Bagaimana pendidik menilai pembelajaran siswa?
  • Siapa yang memahami materi dan siapa yang belum?
  • Apa yang harus dilakukan jika siswa tidak belajar, termasuk bagaimana meningkatkan pengajaran dan memberikan intervensi atau pengayaan yang ditargetkan?

Pendekatan kolaboratif ini terbukti ampuh, bahkan saat menghadapi kehilangan pembelajaran di era pandemi. Mereka juga memperkuat dukungan kesejahteraan sosial-emosional, menambahkan pelatih kesehatan dan psikolog di setiap kampus, serta guru khusus untuk dukungan akademik.

Literasi di Setiap Mata Pelajaran

Sanger Unified punya filosofi unik: "Kita semua adalah guru menulis." Ini berarti semua guru, termasuk guru matematika, mendorong siswa untuk menulis, berpikir kritis, dan berargumentasi. Dengan mewajibkan penulisan serta penalaran dan pemikiran kritis dalam matematika dan semua mata pelajaran lainnya, nilai bahasa Inggris siswa melonjak. Washington Academic melihat lompatan 10,4 poin persentase dalam skor bahasa Inggris, dari 35% menjadi 45% siswa yang mahir.

Memotivasi dan Menghargai Pencapaian

Untuk memastikan siswa termotivasi, Sanger Unified menetapkan tujuan agar setiap siswa naik setidaknya satu tingkat kelas setiap tahun. Di Washington Academic, mereka bahkan punya tema "Going for Green" (merujuk pada warna kelulusan) saat ujian negara, lengkap dengan poster Shrek hijau dan insentif. Siswa tahu di mana posisi mereka dan seberapa jauh mereka harus berkembang. Ini menciptakan semangat positif di mana siswa merayakan kemenangan mereka dan termotivasi untuk terus berusaha.

Dengan fokus pada keterlibatan siswa, dukungan yang komprehensif, dan strategi pembelajaran yang inovatif, Sanger Unified School District berhasil menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan mendorong setiap siswa mencapai potensi terbaiknya. Sebuah pelajaran berharga bagi dunia pendidikan!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
sr7themes.eu.org