Perubahan Program Pendidikan Fresno: Lindungi Dana Federal

Siswa dari berbagai etnis, termasuk Afrika-Amerika, Latino, dan Asia, belajar bersama di sekolah modern, menunjukkan inklusi dan kesetaraan dalam pendidikan.

Halo pembaca setia, pernahkah Anda mendengar tentang sebuah distrik sekolah yang harus mengubah program unggulannya demi menjaga kucuran dana federal yang sangat vital? Nah, itulah yang sedang dialami oleh Fresno Unified School District di Amerika Serikat. Mereka terpaksa melakukan restrukturisasi besar-besaran pada departemen pendukung akademik siswa kulit hitam mereka, yang sebelumnya dikenal sebagai African American Academic Acceleration (A4), kini berganti nama menjadi Advancing Academic Acceleration & Achievement. Perubahan ini bukan tanpa alasan, melainkan untuk menghindari ancaman pemotongan dana federal hingga $250 juta serta menghadapi tuntutan hukum terkait diskriminasi.

Mengapa Perubahan Ini Penting?

Ancaman pemotongan dana federal ini muncul akibat adanya kebijakan yang menargetkan program-program berbasis ras. Selain itu, ada juga gugatan diskriminasi yang diajukan oleh kelompok tertentu, menuduh bahwa program A4 sebelumnya hanya menguntungkan siswa Afrika-Amerika dan mengecualikan kelompok siswa lain yang juga membutuhkan dukungan. Oleh karena itu, perubahan nama dan struktur ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa departemen tersebut kini akan melayani semua kelompok siswa yang terpinggirkan secara lebih luas, tidak hanya fokus pada satu kelompok saja. Tujuannya jelas, agar dana pendidikan yang krusial tetap bisa dinikmati oleh seluruh siswa di distrik tersebut.

Awal Mula Program A4

Sebenarnya, A4 lahir pada tahun 2017 sebagai respons terhadap kesenjangan akademik yang mencolok. Kala itu, 79% siswa kulit hitam di Fresno Unified gagal memenuhi standar membaca California dan 86% tidak mencapai kemahiran matematika. Melihat kondisi ini, A4 dibentuk untuk memberikan dukungan intensif, mulai dari program musim panas, kegiatan sepulang sekolah, hingga lokakarya untuk orang tua. Program ini bahkan berkembang hingga menjangkau puluhan sekolah dan melibatkan berbagai kelompok etnis lain yang marginal. Hasilnya cukup positif, lho! Misalnya, 35% siswa yang ikut program membaca sepulang sekolah di tahun ajaran 2023-2024 menunjukkan peningkatan setidaknya satu tingkat kelas.

Dampak dan Kekhawatiran

Meski ada alasan kuat di balik restrukturisasi ini, tentu saja ada kekhawatiran yang muncul. Beberapa pihak, seperti Eric Payne dari Central Valley Urban Institute, cemas bahwa perubahan ini, terutama penggantian nama, bisa mengaburkan fokus pada kesetaraan bagi siswa kulit hitam. Namun, pihak distrik bersikeras bahwa misi inti program, yaitu akselerasi akademik dan dukungan sosial-emosional, akan tetap dipertahankan. Mereka juga akan menggabungkan beberapa program dukungan siswa menengah dan atas yang sebelumnya spesifik, menjadi program yang lebih luas dan mencakup semua.

Selain itu, A4 juga merekrut dan melatih para mahasiswa sebagai "teaching fellows" untuk memberikan intervensi terarah di kelas bagi siswa pra-TK hingga kelas 6. Fokusnya kini lebih ke dukungan membaca empat hari seminggu, dengan satu hari untuk pengayaan budaya. Komunitas pun dilibatkan melalui forum diskusi, dan banyak ide menarik muncul, seperti peningkatan keterlibatan orang tua, dukungan sosial-emosional, dan sumber daya belajar di rumah. Harapannya, dengan dukungan semua pihak, program pendidikan ini bisa terus maju dan menghasilkan dampak positif bagi seluruh siswa di Fresno Unified.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
sr7themes.eu.org